Selasa, 12 Juni 2012

MADANIA

TEORI SEKOLAH MADANIA Disusun Oleh : INDAH WAHYUNINGSIH G000100157 JURUSAN TARBIYAH / FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA BAB I PENDAHULUAN Dunia pendidikan yang sekarang mempunyai multifungsi mengharuskan para aktivis pendidikan untuk lebih kreatif, progresif dan inofatif dalam melahirkan dan membentuk sekolahan- sekolahan yang mampu digunakan dalamberbagai aspek dan memiliki fungsi yang tidak hanya sebagai tempat pembelajaran dengan hasil akhir adalah perolehan ijazah. Akan tetapi mampu difungsikan untuk menatap masa depan yang berkemajuan, terkhusus pada abad 21 ini. Lahir sebagai pelopor nasional plus sekolah di Indonesia yang memberikan layanan pendidikan yang komprehensif, yang terdiri dari pikiran, hati, dan jiwa, Madania sekolah yang dapat menembus berbagai aspek pendidikan serta mampu memberikan banyak fungsi menjadi salah satu jawaban lembaga pendidikan yang dibutuhkan generasi sekarang. Sehingga sampai saat ini terus berkembang inovasi dalam kurikulum pendidikan, cara mengajar, dan berbagai infrastruktur pendidikan. Akibatnya, kualitas lulusan selalu menjadi depan, tidak hanya dalam hal prestasi akademik, tetapi juga terkait dengan optimalisasi bakat dan karakter sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Alumni SMA Madania sekarang belajar di universitas terkemuka di Indonesia dan luar negeri. Agar lebih jelaspembaca mengenal sekolah berkualitas ini, perlu disimak bahasan teori pada bab selanjutnya. BAB II PEMBAHASAN A. Sekilas tentang Madania 1. Visi dan Misi visi: Sebuah Sekolah Indonesia Sejati untuk Generasi Pemimpin misi: Mendidik Kesadaran adanya kuasa Allah, aktualisasi Standar Kelas Dunia, Hidup dengan Karakter Mulia, dan Menghormati Nilai Bahasa serta budaya Indonesia. Nilai: Kebenaran, Inklusif, Integritas, Peduli 2. Kurikulum Kurikulum sekolah: Sebagai sekolah nasional, kurikulum Madania didasarkan pada Kurikulum Nasional. Kurikulum diperkaya dengan nilai-nilai Indonesia dan kurikulum dari negara lain, dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terbaru. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum Madania menjadi sarana bagi siswa untuk belajar dan menjadi anggota sipil (madani) masyarakat tersirat dalam Visi dan Misi Madania. Jika ditampilkan dalam bagan lingkaran, kurikulum tersebut menjadi tiga bagian yaitu nasional, internasional dan other(yang diambil dari daerah maupun Negara lain). Dalam setiap proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan luas untuk berpartisipasi secara aktif, belajar secara mandiri, mengembangkan kreativitas, dan memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Program Pendidikan Karakter: Karakter subjek Pendidikan dijadwalkan secara teratur dan terpadu untuk semua mata pelajaran dan kegiatan kelas sehari-hari. Ini bertujuan untuk menanam dalam nilai-nilai. Penilaian ini mencakup konsep penguasaan, praktek sehari-hari, dan usaha siswa. Dalam rangka menjaring penilaian holistik, evaluasi praktis dilakukan oleh guru di sekolah dan oleh orang tua / penjaga di rumah. Diharapkan bahwa dalam semua kegiatan belajar, para siswa diberikan kesempatan yang luas untuk berpartisipasi secara aktif, belajar secara mandiri, mengembangkan kreativitas, dan memiliki kesempatan untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Orang tua diundang untuk mengisi format evaluasi tentang perilaku siswa di rumah. Evaluasi praktis dilakukan oleh guru dalam hal ini orang tua tidak berpartisipasi di rumah. 3. Fasilitas, Guru dan Staff • Fasilitas sekolah berperan penting dalam menentukan keberhasilan program pengajaran. Adapun fasilitaf Madania sebagai berikut : Ruang kelas untuk belajar; Agama kamar (Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, Jehova); Belajar Fakultas Dukungan; Layanan Mahasiswa; Laboratorium (Ilmu Pengetahuan dan komputer); Memasak; Perpustakaan; Penilaian Global Sertifikat university Center Audio visual; Musik dan Seni (seni, band, vokal, biola, ansambel tradisional, teater); Sport bidang (basket, sepak bola, bisbol, dan menangkap kotak); Kolam renang dan tribun; Multi Purpose Hall; pembibitan; Taman bermain; Mahasiswa Locker; Kepala ruangan; Penelitian & Pengembangan; Kepala 1-6, 7-9, 10-12 dan kamar; Administrasi (Keuangan, Mahasiswa Administrasi, Personalia Dept, dan ICT); Guru kamar; Induk Guru Asosiasi ruang; Stockroom; kantin; Ruang pertemuan. • Guru dan Staf Sebagai masyarakat belajar, semua pihak terkait untuk pendidikan di Madania harus memiliki visi dan komitmen untuk menciptakan budaya sekolah edukatif dan menghormati profesi masing-masing. Apapun jenis dan pekerjaan yang harus dilakukan, semua guru dan staf harus memiliki kompetensi dan tanggung jawab untuk mendukung keberhasilan siswa. Karena semua proses belajar akan selalu melibatkan banyak pihak, kemitraan, interdependensi, dan proses sinergi harus dijaga dan ditingkatkan. Semua orang adalah guru dan siswa pada saat yang sama karena pendidikan adalah agenda hidup tidak pernah berakhir dan semua orang harus rendah hati dan menghormati perbedaan dan keunggulan orang lain. Kita harus dapat belajar dari pengalaman seseorang; kelebihan dan kekurangan, keberhasilan dan kegagalan. Dengan demikian, Madania Pendidikan menyajikan program-program seperti dialog, pelatihan refleksi, dan. Kehadiran, partisipasi, dan saran dari ahli sangat dihargai untuk mengembangkan kualitas Madania Pendidikan. B. Program Pendidikan Madania Madania adalah sekolah bahasa Indonesia, yang menghargai perbedaan agama dan pemikiran, dan menghormati individu dengan kebutuhan pembelajaran yang beragam sesuai dengan beragam kebutuhan dan kemampuan mereka. Madania memberikan kekayaan pengalaman belajar dalam suasana yang menghormati kearifan spiritualitas Indonesia, tradisi, kebajikan, seni, budaya dan sejarah bangsa, dan standar internasional, yang didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas, program pembelajaran dan fasilitas. Didirikan pada tahun 1996, dan profesional dikelola oleh Yayasan Pendidikan Madania Indonesia (YPMI) yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai penyedia pendidikan di Indonesia. Madania mendidik siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup dan memiliki motivasi diri yang tinggi, untuk menjadi percaya diri, mandiri, berpikir ke depan dan memiliki kesadaran sosial yang lebih besar. Guru Madania yang mendidik dari hati, yang berarti mereka tidak hanya pandai mengajar, tapi juga mampu membimbing, melatih, dan langsung dengan perhatian dan kasih sayang. Lingkungan belajar sekolah sangat dinamis, mendukung dan menantang dan sangat kondusif bagi siswa untuk tumbuh menjadi manusia unggul. Adapun jenjang pendidikan Madania yaitu : 1. sekolah dasar Kegiatan belajar mengajar pada tingkat ini disampaikan dalam bahasa Inggris kecuali untuk Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Bahasa Indonesia, Olahraga, dan Seni. Sains dan studi sosial pelajaran untuk kelas 1 dan 2 yang diintegrasikan ke dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Mulai kelas, ilmu pengetahuan dan sosial ketiga studi mata pelajaran yang disampaikan sebagian dalam bahasa Inggris dan sebagian dalam bahasa Indonesia. Diharapkan siswa dapat memahami konsep-konsep yang sangat baik dan tahu istilah ilmiah dalam dua bahasa, tambahan untuk mempersiapkan siswa untuk mengikuti ilmu pengetahuan dan sosial studi pelajaran di kelas 7-12 yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Tes harian, ujian tengah semester, dan akhir ujian semester disampaikan dalam bahasa Indonesia. Khusus untuk kelas enam, mereka diberi pembelajaran tambahan dalam bahasa Indonesia dalam persiapan untuk ujian akhir. Kelas 6 siswa diberi tes Internasional. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka dengan menggunakan tes internationaly standar. Hasil tes internasional juga digunakan sebagai evaluasi program sekolah. Mata pelajaran saat ini diuji adalah bahasa Inggris dan Matematika yang dilakukan oleh University of New South Wales. Pada akhir tahun ajaran, siswa di kelas 6 akan mengikuti Ujian Akhir. Pelaksanaan Ujian Akhir ini akan disesuaikan dengan kebijakan Departemen Pendidikan setempat dan akan diinformasikan setelah sekolah telah menerima hasil dari Departemen Pendidikan. Bahan diuji dalam ujian meliputi pelajaran dari kelas 4, 5, dan 6. Pengawas dari sekolah lain mengawasi ujian akhir. Bahan Sunda yang terintegrasi dengan Ilmu Sosial dalam budaya Sunda. Kerajinan dan bahan Seni diintegrasikan ke dalam MAT (Musik, Seni, dan Teater). Persiapan ujian akhir adalah melalui review materi, kuis, latihan pertanyaan, dan pengadilan biasa. Setiap siswa memiliki satu bindex disimpan di sekolah dan membawa pulang dua kali seminggu. Bindex ini berisi lembar kerja, handout, kuis, dan tugas lainnya yang diajukan oleh siswa. Sebuah kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua dalam memotivasi murid akan mendukung keberhasilan pelaksanaan Ujian Akhir. Untuk siswa dengan kebutuhan khusus yang akan mengikuti Ujian Akhir, pelaksanaannya akan didasarkan pada hasil diskusi dengan orang tua dengan mempertimbangkan kesiapan siswa. 2. sekolah menengah Kegiatan belajar mengajar pada tingkat ini menggunakan sistem moving class, dimana siswa berpindah dari satu kamar ke kamar lain sesuai dengan jadwal mereka. Sistem ini bertujuan untuk melatih siswa untuk menjadi pembelajar yang disiplin dan mandiri. Khusus untuk kelas sembilan dan dua belas, yang diberi tambahan kuantitas pembelajaran dalam bahasa Indonesia dalam persiapan untuk ujian akhir. Pada awal tahun ajaran, sekolah menetapkan kriteria minimum untuk kelengkapan (KKM). KKM adalah tingkat pencapaian kompetensi dasar yang akan dicapai oleh siswa per mata kuliah. Nilai siswa dihitung dengan memperhatikan nilai ulangan harian, Tes Semester Tengah, Akhir Tes Semester, tugas, dan komponen penilaian lainnya. Siswa yang belum mencapai KKM yang dikatakan belum selesai kompetensi mereka. Remedial dan re-tes diberikan kepada siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM untuk setiap subyek. Remedials dieksekusi secara berkelanjutan di semester. Tes ulang dilakukan setelah siswa telah menghadiri remedials. Bagi mereka yang tidak menggunakan kartu kurikulum tingkat laporan, perbaikan dan re-tes diberikan kepada siswa yang memiliki kurang dari 6 dalam setiap subjek dari ulangan harian, Tes Semester Tengah, Akhir Tes Semester, tugas, dan semua penilaian komponen. Lulusan Madania tersebar di perguruan tinggi negeri dan internasional. 60% diterima di Perguruan Tinggi Negeri: UI, ITB, UGM, Unpad, UIN, dan IPB. Sisanya melanjutkan studi mereka di University of Wellington (Selandia Baru), Harvard University (AS), University of Massachusetts (AS), Universitas Nasional Australia, Universitas Sydney, Monash University, Coventry University (Inggris), NUS (Singapura), Manajemen Swiss Hotel School, Victoria University, Nanyang Academy of Fine Arts (Singapura), Universitas Loyola (Chicago), dan RMIT (Australia). Setiap siswa memiliki / nya kelas dasar nya masing-masing. Seorang guru kelas dasar memandu setiap kelas dasar. Dasar guru kelas memberikan bimbingan langsung dan berkomunikasi secara intensif dengan siswa di setiap kelas selama 10 menit setiap hari dalam waktu kelas dasar. Dasar guru kelas juga membantu siswa untuk mengatasi masalah. Semua siswa harus mengikuti waktu kelas dasar. Selain mengisi daftar kehadiran, kelas dasar juga waktu untuk berkomunikasi informasi ke dan dari sekolah dan memberikan semangat yang positif kepada siswa. 3. Dukungan Pendidikan Dukungan Pendidikan adalah departemen yang mendukung kegiatan pendidikan yang dilaksanakan dalam kemitraan dengan dewan pendidikan yang meliputi: 1. Kebutuhan Pendidikan Khusus Unit (SEN-U) & Kejuruan Satuan Pendidikan Kebutuhan Khusus (SEN-U) adalah sebuah departemen yang membantu proses adaptasi mahasiswa Kebutuhan Khusus untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. 2. Layanan Mahasiswa Student Services meliputi Sumber Daya Konseling Perpustakaan, dan Learning Center, dan Sekolah Bisnis Kesehatan / UKS (Clinic) 3. Ekskul & Pengabdian Masyarakat a. Excul Tujuan dari kegiatan excul adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa Madania dalam menemukan dan mengembangkan bakat dan minat. Sekolah menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. 'Siswa ekstrakurikuler pilihan ini berlaku selama satu tahun ajaran, sehingga siswa dapat mengeksplorasi aktivitas / nya pilihannya. Orang tua diharapkan untuk membimbing siswa dalam menentukan pilihan ekstrakurikuler. b. Pelayanan Masyarakat Untuk menanamkan kepekaan sosial mahasiswa terhadap kondisi masyarakat sekitar mereka, Madania memiliki program Pengabdian Masyarakat khusus. 4. Pembangunan Guru Inggris Kemampuan bahasa Inggris dari Madania guru sangat penting. Sekolah ini memiliki program pengayaan bahasa Inggris dan melakukan evaluasi berkala tentang kemampuan guru bahasa Inggris baik di dalam dan di luar kelas baik secara lisan atau tertulis. Selain itu program pendidikan lainnya yang ada pada Madania berupa: • Musik Seni & Teater (seni kerajinan, Drama teater, keyboard, pita, Vokal, Biola, Ensambel, Musik Tradisional, dan Gitar) • pendidikan jasmani Dalam pelajaran olahraga, siswa diharapkan untuk berlatih sportif, mengembangkan potensi mereka di bidang olahraga dan tentu saja untuk mendukung kesehatan. Selain dari pelajaran olahraga, siswa juga belajar tentang kesehatan, di mana mereka akan belajar bagaimana menjaga kesehatan mereka, belajar tentang gizi, pendidikan seks, pencegahan narkoba, dll • Pendidikan agama Pelajaran agama tidak hanya menghafal ayat-ayat tapi lebih dari itu, siswa harus mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pelajaran ini diberikan dalam bahasa Indonesia. Sekolah Madania saat ini menampung pelajaran agama sesuai dengan agama yang dianut oleh semua siswa, termasuk Islam, Kristen, Katolik, Saksi-Saksi Yehuwa `s, Budha, dan Hindu. • Student Residence Madania Student Residence (MSR) adalah perumahan yang dihuni oleh siswa Madania, yang dirancang secara alami, penuh keakraban dan disiplin, dengan mempertimbangkan aspek psikologis anak remaja. Fasilitasnya berupa rumah, klinik kesehatan, kebugaran, keamanan 24 jam, binatu, catering, fitness, informasi dan kantin pusat pelayanan. C. Aktivitas Madania • Dewan Mahasiswa Dewan Mahasiswa adalah organisasi dimana siswa belajar tentang kepemimpinan, pendapat, dan membantu mengatur acara sekolah. Organisasi ini dibentuk untuk kepentingan bersama, baik untuk siswa dan guru. • Majelis Majelis adalah sebuah organisasi bagi semua siswa untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dan menunjukkan potensi yang mereka miliki. Untuk kelas 1-6, perakitan memegang per tingkat kelas seminggu sekali. Untuk nilai 7-12, tema perakitan ini terkait dengan program pembelajaran yang sedang berlangsung dan diadakan sekali semester. Selain program perakitan di atas, Seni Musik Program Teater juga memegang perakitan pada akhir semester dalam bentuk konser rumah. • Magang (Magang) Untuk memberikan wawasan dan pengalaman tentang dunia kerja, siswa Madania Menengah Tinggi juga diminta untuk berpartisipasi dalam magang di beberapa kasus selama 10 hari kerja ketika siswa berada di kelas 11. Siswa, dipandu oleh guru, harus menulis laporan dan mempresentasikannya. • Universitas-Bimbingan Karir dan Tes Internasional Salah satu bagian penting dari pengembangan yang lebih tinggi siswa Sekolah Menengah adalah proses memutuskan apa yang harus dilakukan setelah lulus SMA. Sebuah program konseling ini disediakan oleh sekolah, yang meliputi pendampingan dan bimbingan pada pemilihan jurusan dan karier yang akan bidangnya masing-masing setelah SMA. Konselor akan bekerja sama dengan siswa dan orang tua siswa untuk membantu merencanakan dan melihat realisasinya. Sekolah akan mencoba untuk menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga penyelenggara pengujian internasional untuk memberikan akses bagi siswa untuk mengikuti, yang akan membantu proses pendaftaran ke perguruan tinggi, khususnya terhadap universitas internasional. Rincian lebih lanjut tentang ini akan dimuat dalam sebuah buku panduan yang terpisah, yang akan dibagikan kepada setiap siswa. dll D. Output dari Madania Banyak hal yang akan diperoleh setelah mengikuti jenjang pendidikan sekolah Madania, diantaranya yaitu : • Dapat meneruskan studi di perguruan tinggi yang berkualitas yang berada di dalam maupun luar negeri • Potensi intelektual dan kretifitas dapat diperoleh secara optimal • Adapun aspek ilmu pengetahuan dan wawasan yang menyeluruh sebagai hasil pembelajaran baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstakurikuler memudahkan alumni mendapatkan pekerjaan. • Dan pastinya sekolah yang layak buat pemimpin-pemimpin berkualitas selanjutnya. BAB III KESIMPULAN Indoneia sebagai Negara yang kaya akan jumlah penduduk serta minimnya pengoptimalan pendidikan membutuhkan pemimpin-pemimpin yang layak memimpin Indonesia selanjutnya. MADANIA; Indonesian Schoole with world class standart yang dibutuhkan masyarakat Indonesia dalam menuntut ilmu agar terwujudnya Indonesia yang berkemajua DAFTAR PUSTA http://www.madania.net/other.php?grup=testimonial&id=86&idx=82 ( Di lihat dan kerjakan pada : selasa, 12 Juni 2012, pukul 16.30-selesai)